Tips Menyimpan Herba Segar di Rumah

oleh

Saat memasak pasta, atau pepes ikan lebih segar ditambahkan jenis-jenis tanaman herba seperti daun oregano, daun basil, atau daun kemangi yang segar. Tak hanya menambah kualitas rasa, aroma masakan dengan daun-daun herba juga lebih terasa nikmat.

Namun, di Indonesia, tanaman-tanaman segar ini jarang ditemukan. Orang-orang lebih memilih bentuk herba kering. Tapi jika mengetahui cara menyimpannya dengan baik, kenapa tidak beralih kembali pada herba segar yang lebih memperkaya rasa. Dilansir Food Beast, berikut panduannya.

Memilih herba

Tak sesulit yang dibayangkan. Intinya harus selalu cerah, berwarna hijau dan daunnya selalu terasa segar serta kering. Menghancurkan daun bukan tindakan yang benar, dan hindari mememarkan herba

Menyimpan herba segar

Lepaskan ikatan atau karet yang membuat rempah terikat jadi satu, biarkan herba segar tersebut bernapas. Cari sebuah gelas atau vas, tuangkan beberapa air ke dalamnya, dan perlakukan herba layaknya memperlakukan bunga. Tapi ingat jangan tambahkan air terlalu banyak ke dalamnya, dan jauhkan dari sinar Matahari langsung saat meletakkan vas.

Dengan penyimpanan seperti itu bisa bertahan selama dua hingga tiga hari di ruang terbuka, atau satu pekan dalam lemari es, dan jangan lupa mengganti airnya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membungkus mereka dengan tisu kertas dan menyimpan dalam kantong plastik dan diletakkan dalam lemari es. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk herba dengan batang pendek.

Aron

Sumber: viva             .