Tips Memotivasi Diri untuk Disiplin Menghemat Uang

oleh

Banyak orang yang mudah tergoda dan cenderung menghabiskan gaji bulanan, yang didapatkan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Mereka lebih suka mengikut tren fashion dan membeli gadget terbaru, daripada menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berhemat.

Apakah Anda termasuk orang yang disebutkan di atas? Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa memotivasi Anda untuk disiplin menghemat pendapatan.

Anda belum terlambat untuk mengikuti kiat-kiat menghemat uang, yang akan kami sampaikan di bawah ini. Selamat membaca!

1. Tetapkan Tujuan Keuangan

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan memahami apa yang sebenarnya Anda butuhkan secara finansial.

Mulailah dengan menentapkan tujuan keuangan yang akan dicapai dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Pikirkan apa saja yang bisa membantu tujuan tersebut tercapai dan pertimbangkan apa saja yang perlu disingkirkan dan bisa mengganggu tercapainya tujuan.

Cara di atas akan sangat membantu Anda membuat strategi yang efektif dan akhirnya mulai sadar untuk menabung.

 

2. Bersikap Realistis

Tidak salah untuk menetapkan sasaran yang tinggi, jika Anda realistis dan mampu mencapaianya.

Jika Anda berpikir penghematan sebesar 50% dari penghasilan bisa dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan, maka lakukanlah strategi tersebut.

Namun, jika Anda memiliki hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya dan nilainya cukup besar, maka target yang ditetapkan di atas akan sangat sulit untuk tercapai.

Mulailah dengan nilai yang kecil dan tingkatkan secara perlahan, misalnya saja menyisihkan 10% untuk ditabung dan diinvestasikan.


3. Buat Sebuah Daftar yang Membantu Anda Mencapai Tujuan

Membuat sebuah daftar merupakan langkah yang cukup efektif untuk melacak apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Misalnya saja seperti ini, Anda membuat daftar hal-hal yang bisa Anda dapatkan saat mulai berhemat dan menyisihkan sebagian pendapatan.

Daftar yang dibuat akan sangat membantu Anda termotivasi dan membuat Anda memiliki gambaran yang jelas tentang strategi penghematan yang dilakukan.


4. Bersabar

Hasil akhir dari penghematan yang dilakukan tidak bisa dilihat hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Bersabarlah dan nikmati proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan.

5. Belajar Mengubah Gaya Hidup

Alasan utama mengapa banyak orang sulit menabung dan menyisihkan sebagian pendapatan dikarenakan gaya hidup yang menuntut biaya yang besar.

Pikirkan dengan matang apakah Anda harus selalu mengikuti tren berpakaian, perlukah Anda membeli smartphone terbaru setiap bulan, dan perlukah Anda nongkrong di cafe setiap minggu.

6. Mulailah Pikirkan Masa Depan Secara Spesifik

Apa yang Anda inginkan di masa depan?

Apa yang Anda butuhkan di masa depan?

Dua pertanyaan di atas akan sangat membantu Anda untuk mulai menghemat pengeluaran setiap bulannya.

Sebab, tanpa adanya penghematan dari sekarang, Anda tidak akan bisa membeli rumah untuk keluarga di masa depan, Anda juga tidak akan bisa membiayai pendidikan anak, tidak bisa mengajak mereka pergi berjalan-jalan.

Tidak hanya dengan berhemat saja untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan, sebab Anda juga membutuhkan investasi yang harus rutin dilakukan setiap bulannya.

Ayo mulai persiapkan masa depan dari sekarang!


7. Fokus Dengan Tujuan

Jangan mudah tergoda untuk menghabiskan uang yang sudah berhasil Anda kumpulkan. Tetap fokus dan disiplin mengejar tujuan keuangan Anda di masa depan.

8. Jangan Takut Dengan Tekanan Teman

Tekanan dari temah sebaya merupakan salah satu alasan yang membuat banyak orang melakukan hal yang tidak biasanya mereka lakukan.

Akan sangat sulit menjalani pola hidup hemat saat Anda berada pada lingkungan yang suka menghamburkan uang.

Solusinya adalah temukan teman yang memiliki gaya hidup yang sama dengan Anda dan carilah mereka yang memiliki visi dan tujuan yang sama tentang keuangan.

9. Temukan Inspirasi dari Orang Sukses Dalam Bidang Apapun

Kisah orang-orang yang sukses akan sangat membantu Anda untuk senantiasa berpikir positif dalam menjalani hidup.

Sehingga Anda bisa menjadi pribadi yang lebih optimis dalam mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Mulailah membaca kisah-kisah sukses dan artikel inspiratif yang bisa mengubah cara pandang Anda. Keberhasilan yang dicapai oleh orang lain akan membantu memvisualisasikan kesuksesan Anda sendiri.

Menghemat uang dan menyisihkan sebagai pendapatan untuk diinvestasikan merupakan sebuah langkah untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Hal yang harus Anda lakukan adalah bersikap konsisten dalam berhemat, disiplin, dan jangan sampai kehilangan arah tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Itulah 9 tips yang sudah disampaikan di atas kami harap bisa membantu memotivasi diri Anda untuk menghemat pendapatan yang didapatkan setiap bulannya.

Semoga tulisan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda yang telah membacanya.

Aron

Sumber: viva           .