Tips Jitu Atasi Nyeri Asam Urat di Jari Kaki

oleh

Nyeri di jari kaki bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi seperti trauma ringan, penggunaan sepatu yang tak pas dan pertumbuhan kuku di dalam daging akibat cara pemotongan yang tak benar. Selain itu, nyeri di jari kaki dapat diakibatkan oleh penyakit asam urat.

Salah satu jenis penyakit artritis ini bisa menyebabkan nyeri di jari kaki. Bahkan, bukan hanya nyeri, sekitar jari kaki juga mungkin bisa memerah dan terasa hangat ketika disentuh. Nah, bila nyeri di jari kaki terjadi akibat penyakit asam urat, berikut ada beberapa langkah yang bisa membantu mengobati nyeri tersebut.

  • Istirahatkan Telapak Kaki

Cara terbaik untuk mengobati nyeri di jari kaki yaitu dengan beristirahat dan bersantai. Cara ini sangat membantu, usahakan untuk meminimalkan penggunaan telapak kaki Anda selama beberapa hari dan perhatikan pula perkembangannya. Jangan melakukan olahraga berat dulu dan hindari berjalan atau joging hingga nyeri mereda.

  • Berikan Es

Mengompreskan es ke jari kaki yang nyeri bisa mempercepat pemulihannya. Anda bisa membuat kantong es sendiri di rumah atau bisa membelinya di apotik terdekat. Bila Anda membeli kantong es di apotik, pastikan untuk tidak menempelkannya secara langsung ke permukaan kulit Anda. Kantong es harus dibalut dengan handuk atau lap, sebelum ditempelkan ke area tubuh yang nyeri.

  • Berendam dalam Larutan Garam Epsom

Meski bukti ilmiah yang mendukung manfaat berendam di larutan garam epsom sangat terbatas, namun banyak orang yang mengalami nyeri pada kakinya berkurang setelah menggunakan perawatan ini.

Anda dapat membeli garam epsom di apotik. Masukan air kedalam ember/bak mandi. Setelah itu tambahkan sedikit garam ke dalam air tersebut. Rendam kaki selama 20-30 menit dan perhatikan perkembangannya.

  • Tinggikan Jari Kaki

Meninggikan jari kaki bisa membantu meringankan nyeri dan bengkak di telapak dan jari kaki akibat asam urat. Usahakan meninggikan telapak kaki sedikit diatasi posisi jantung bila memungkinkan. Coba perhatikan apakah cara ini bisa membantu meredakan gejala atau tidak.

  • Gunakan Obat Pereda Nyeri

Salah satu obat pereda nyeri asam urat yang aman adalah QnC Jelly Gamat. QnC Jelly Gamat adalah produk herbal yang terbuat dari 100% bahan alami sehingga sangat aman dikonsumsi. Produk herbal ini diformulasikan untuk Anda yang idap penyakit asam urat.

Aron

Sumber: viva         .