Tips Aman Jadi Solo Traveler

oleh

Bepergian tak selalu menyenangkan jika bersama banyak orang. Ada kalanya orang ingin mendapatkan ketenangan dan bepergian seorang diri.

Bagi orang yang sudah terbiasa, tentu saja ini menjadi hal yang menyenangkan. Tak perlu berpikir dan mempertimbangkan di mana harus tinggal tanpa harus membuat teman lainnya tak nyaman, mengambil keputusan untuk diri sendiri, tanpa harus bertanggung jawab untuk orang lain.

Bagi yang baru pertama kali dan ingin mencoba solo traveler, berikut lima tipsnya agar selamat menjalani perjalanan seorang diri.

Kenali kekuatan

Apakah Anda termasuk orang yang mudah bersosialisasi saat berada di tengah banyak orang? Tipe seperti Anda akan menggila jika tidak bisa berkomunikasi, maka pergilah ke suatu tempat yang bahasanya sudah dikuasai.

Jika seorang introvert, lupakan soal kendala bahasa. Kota-kota yang penuh semangat sempurna untuk mereka, terutama jika kota tersebut memiliki budaya di kafe yang luar biasa.

Penginapan

Coba cari homestay atau kamar yang disewakan di sebuah apartemen, ini akan memberi koneksi otomatis dengan penghuni setempat jika bepergian sendiri. Sebagai solo traveler, ini keuntungannya, karena akan memiliki pilihan lebih banyak. Bahkan jika si pemilik penginapan tidak mengajak bepergian ke kota, setidaknya akan mendapat sedikit tips dan informasi dari penduduk lokal.

Hostel bisa juga jadi pilihan, tapi hanya akan membuat banyak interaksi dengan sesama turis bukan orang lokal.

Katakan tidak

Coba untuk belajar mengatakan ‘tidak, terima kasih’ dalam bahasa lokal, dan jangan lupa untuk mempelajari gerakan non verbal untuk mengatakan ‘tidak’ yang terkadang bisa lebih efektif.

Dan jangan lupa untuk mencatat nomor bantuan lokal di ponsel, seperti polisi wisata, mungkin tidak diperlukan, tapi dengan memilikinya akan membuat percaya diri jika menghadapi situasi yang sulit.

Ambil foto

Buatlah misi fotografi, bahkan jika itu hanya sedikit detail tentang tempat tersebut bisa bermakna. Teman di rumah akan sangat menghargai hal ini dan cerita yang ada di dalamnya.

Hati-hati

Bepergian seorang diri bisa aman dan penuh penghargaan pada diri sendiri, tapi ingat untuk memperhatikan keamanan. Waspada di kota besar saat malam, perhatikan apa yang diminum, waspada pada berbagai bentuk penipuan lokal dan selalu perhatikan barang berharga.

Aron

Sumber: viva         .