Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

oleh

Operasi pencabutan gigi geraham bungsu cenderung menyisakan rasa nyeri luar biasa. Dalam istilah medis, komplikasi nyeri yang umum timbul setelah proses pencabutan gigi geraham bungsu ini disebut alveolar osteitis atau dry socket. Dry socket diakibatkan oleh proses pembekuan darah yang terjadi sebelum luka operasi sembuh di lokasi bekas pencabutan gigi.

Rasa sakit tersebut berasal dari tulang pendukung dan saraf yang terlibat. Umumnya, kondisi dry socket rentan dirasakan oleh pasien mulai hari pertama hingga hari ke-3 pasca operasi pencabutan gigi. Karena dibutuhkan waktu untuk meredakan luka ini, dokter gigi biasanya membekali pasien dengan obat-obatan dan tips perawatan.

Salah satu tips ampuh untuk mengurangi rasa ngilu dan mempercepat penyembuhan gigi, adalah dengan memastikan asupan nutrisi yang tepat.

Sup Krim

Sup krim yang diblender sangat enak untuk dimakan setelah gigi gerahammu dicabut. Selain lembut sehingga mudah dikonsumsi, sup  juga kaya akan vitamin dan mineral sehingga nutrisi harianmu tercukupi. Jenis makanan cair sangat dianjurkan setelah operasi pencabutan gigi karena dapat mengcegah dehidrasi. Dinginkanlah sup hingga suhunya cukup hangat untuk Kamu santap.

Air Kaldu Daging atau Kaldu Ayam

Layaknya sup, kaldu merupakan pilihan yang baik sekaligus lezat untuk menenangkan syaraf pasca operasi gigi. Air kaldu yang terbuat dari rebusan tulang dan daging, kaya akan kalsium, vitamin, mineral, dan nutrisi. Hasil studi pun menunjukkan bahwa air kaldu bersifat antiinflamasi yang akan mencegah terjadinya peradangan gigi. Kaldu paling lezat dikonsumsi saat hangat.

Greek Yoghurt

Greek yoghurt adalah makanan sehat berprotein tinggi yang bisa Kamu nikmati setelah menjalani operasi gigi. Tekstur greek yoghurt yang halus, dingin, dan lembut akan menenangkan dan meredakan rasa kebas di sekitar area rongga mulut. Mengandung protein, vitamin, kalsium, dan zat besi, menjadikan greek yoghurt sebagai sumber protein yang ampuh untuk membantu proses pemulihan.

Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

Kentang adalah pilihan menu yang multifungsi. Jika Kamu suka makan kentang, mengonsumsinya dalam bentuk kentang tumbuk bisa menjadi opsi yang tepat. Tidak hanya kaya akan kalori dan nutrisi, kentang tumbuk rupanya baik juga lho, untuk pemulihan gigi. Tingginya kadar karbohidrat dalam kentang tumbuk, akan memberikan energi yang Kamu butuhkan setelah operasi.

Telur Orak-arik

Telur adalah salah satu makanan terbaik setelah gigi bungsu dicabut. Pasalnya, telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi dan berlimpah nutrisi. Agar semakin banyak manfaat baik yang Kamu dapatkan, pilihlah telur yang diperkaya dengan kandungan omega-3 dan telah melewati proses pasteurisasi.

Kandungan omega-3 dalam telur sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka. Karena Kamu baru saja menjalani operasi pencabutan gigi, sebaiknya Kamu menikmatinya dalam bentuk telur orak-arik, ya. Teksturnya lebih mudah dikunyah dan ditelan, dibandingkan dengan sajian menu telur lainnya.

Selai Apel

Gigi gerahammu baru saja dicabut, tapi Kamu justru ngidam makan apel? Wah, cukup sulit ya untuk merealisasikannya, jika mengingat tekstur apel yang keras dan renyah.  Untungnya, mengolah apel menjadi selai apel bisa menjadi solusi terbaik di situasi semacam ini. Caranya gampang. Kupas, potong-potong, dan bersihkan bagian tengah apel. Lalu rebuslah apel hingga empuk. Kamu bisa menambahkan sedikit air perasan lemon dan garam secukupnya, bila suka.

Setelah apel cukup empuk, haluskan apel menggunakan blender. Simpan selai di lemari es, hingga cukup dingin untuk Kamu nikmati. Mengonsumsi apel baik untuk meminimalisir risiko iritasi pasca operasi pencabutan gigi. Komposisi serat, vitamin C, dan mineral yang terkandung di dalamnya, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Aron

Sumber: viva         .