Penyelam TNI AL Temukan Black Box Lion Air JT 610

oleh

Jakarta – Black box pesawat Lion Air JT 610 berhasil ditemukan. Penyelam TNI AL pun mengungkapkan proses penemuan dan pengangkatan kotak hitam itu.

Penyelam TNI AL berhasil menemukan dan mengangkat black box atau kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 dari perairan Laut Karawang, Kamis (1/11/2018).

Hendra mengungkapkan kontur dasar laut di area pencairan masuk kategori menyulitkan karena adanya lumpur di berbagai titik.

Arus di bawah laut pun cukup kencang sehingga membuat para penyelam menggunakan tali agar tak terlempar atau terbawa arus.

Tali yang menghambat proses pencairan membuat tim penyelam kembali ke posisi awal untuk melepas tali. Berbekal keyakinan dan mengikuti alat pendeteksi para penyelam melanjutkan pencarian.

Namun, Hendra bersama kawan-kawan pun sempat putus asa mengikuti alat karena tak menemukan badan pesawat dan hanya terdapat bongkahan-bongkahan kecil.

Namun, para tim penyelam terus mengikuti arahan dari alat dan tim kemudian mendapatkan petunjuk dari sensor alat mengenai satu titik di dasar laut. Di titik itu dilakukan penggalian dan black box atau kotak hitam berhasil ditemukan.

Aron

Sumber: detik        .