Kasus Video Guru Dikeroyok Murid, Disdik Jateng Peringati Sekolah

oleh

Kendal – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah sudah menerjunkan tim untuk menangani aksi tak terpuji siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) NU 03 Kaliwungu, Kendal. Aksi sejumlah siswa SMK di Kendal itu viral di media sosial saat tengah merundung seorang guru di dalam kelas.

“Sudah kami panggil semuanya, ada orang tua, sekolah, guru, siswa. Intinya kami lakukan pembinaan, karena ini sekolah yang didirikan yayasan agar tidak terulang lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Gatot Bambang Hastowo, Selasa, 13 November 2018.

Gatot menegaskan, para siswa telah membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi, disaksikan orangtua, pihak sekolah, dan pengawas. Ia menilai, walaupun tindakan siswa terhadap guru di dalam kelas itu diklaim cuma guyonan alias candaan, namun kurang pas dan tidak patut.

“Tapi kami tidak maknai guyonan itu, tapi persepsi masyarakat itu kan beda. Hanya main-main saja kelihatanya tapi dalam proses pembelajaran itu ada etika, estetika. Kan enggak masuk etikanya murid masa begitu sama gurunya?” ungkapnya.

Di samping itu, Dinas Pendidikan Jateng juga sudah mengingatkan guru agar menjaga kewajaran dalam bersikap, walaupun terbiasa guyon dengan muridnya. “Mencairkan suasana itu tidak perlu seperti itu, masih banyak cara,” ujar Gatot.

Agar peristiwa serupa tidak terulang lagi, Dinas Pendidikan Jateng mengutus pengawas untuk memonitor kegiatan belajar mengajar di SMK NU 03 Kaliwungu. “Pengawas provinsi kami tugasi untuk mengawasi itu,” tuturnya.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan seorang guru pria paruh baya menjadi sasaran bullying murid-muridnya. Setidaknya ada lima orang siswa yang tampak mengarahkan tendangan sambil tertawa ke arah guru tersebut.

Dalam video itu terlihat seorang siswa mendorong, kemudian disusul siswa lain. Sang guru terlihat berusaha menghalau murid-muridnya dengan gerakan tendangan dan mengibaskan buku yang dipegangnya.

Mereka tampak terlihat seolah saling tendang, bahkan sepatu guru tersebut melayang sebelah. Video berakhir dengan tawa-tawa siswa dan guru mengambil kembali sepatunya yang lepas. Video ini beredar di media sosial.

Usai viral di medsos, pihak sekolah sebelumnya telah membuat pernyataan resmi bahwa video viral siswa memukuli guru di kelas itu hanya bercandaan alias guyonan belaka. Kepala Sekolah SMK NU 03 Kaliwungu Muhaidin mengaku bahwa peristiwa itu terjadi di kelas X TKR pada Kamis, 8 November 2018.

Aron

Sumber: viva       .