Sarapan Soto di Klaten, Sandiaga Makan Tempe Setebal Lima Kartu ATM

oleh

Klaten – Calon wakil presiden nomor urut 02  Sandiaga Salahudin Uno melakukan kegiatan kampanye pada hari ini Jumat 16 November 2018 dengan berkeliling Jawa Tengah. Sebagai titik awal, Sandiaga memilih untuk sarapan pagi di Saoto (soto) Bathok Mbah Katro di Jalan Candi Sambisari, Klaten.

Soto ini, disajikan dalam batok kelapa. Baik soto maupun nasinya, begitu juga sambalnya. Penyajian inilah yang membuat soti tersebut terasa khas.

Begitu menyeruput kuahnya, mantan wakil gubernur DKI ini langsung berkomentar, “Rasanya enak. Pas memang sarapan soto di pagi hari seperti ini. Menghangatkan perut,” jelas Sandi.

Soto kuah ini campuran daging sapi, tetelan dan tauge, ditemani telor puyuh dan tempe. Di warung soto ini, Sandiaga menemukan tempe yang cukup tebal. Ia mengibaratkan tempe di tempat soto tersebut seperti lima kartu ATM yang ditumpukkan.

“Ini tempenya sudah agak tebal, setebal lima kartu ATM digabung,” ujar Sandi berkelakar.

Mendengar candaan Sandi, Pemilik Saoto Katro, Mas Mario atau yang biasa disapa Mbah Katro dan Ibu Endah hanya tertawa saja. “Tempe kami spesial loh pak, dibungkus daun, jadi rasanya beda,” ujar Ibu Endah.

Seperti kunjungan ke beberapa daerah sebelumnya, Sandi memang selalu menyempatkan diri untuk  mampir di kuliner di tempat yang dikunjunginya. Karena menurut Sandi, bisnis ini yang mampu menyerap lapangan kerja dan menghidupi masyarakat sekitarnya. Juga meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

“Setiap kota di Indonesia punya tempat kuliner seperti ini. Ini menjadi potensi untuk penyediaan dan penciptaan lapangan kerja. Saoto Bathok menyediakan 38 tenaga kerja. Denyut ekonomi masyarakat ada di tempat-tempat kuliner seperti Saoto Bathok ini, makanya saya selalu mampir di tempat-tempat kuliner yang saya singgahi,” ujar Sandi.

Aron

Sumber: viva                     .