Emosi Saat Menonton Debat Politik? Ikuti 5 Tips Mengontrol Stres Berikut

oleh

Jakarta – Perlu persiapan mental yang kuat dan sehat saat menonton debat capres yang akan dilangsungkan beberapa jam dari sekarang. Topik-topik berat yang akan dibahas bisa saja membuatmu stres hingga ingin meledakkan amarah.

Saat menonton debat, jantung berdebar, bahkan tubuh menjadi berkeringat karena karena tegang akan mudah muncul. Apalagi, jika menonton dengan mereka yang tidak memiliki pandangan politik yang sama denganmu.

Debat Capres-Cawapres 2014 (Foto: Rengga Sancaya)

Ini berarti mengambil waktu untuk bernapas sejenak, ke toilet, atau bahkan membisukan suara televisi untuk sementara. Jika nonton bersama orang lain, kamu pun harus ambil jeda untuk tidak berdebat bersama agar terhindar dari stres yang berlebihan.

Menonton debat layaknya melihat sekelompok orang beradu argumen yang dapat membuatmu pusing. Mengambil jeda dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres.

Cek kontrol dirimu secara berkala. Jika merasa tingkat stres dan cemas sangat tinggi atau tidak dapat mengambil napas entah karena merasa sangat tegang atau marah, matikan televisi. 

Juga, jangan memantau apapun untuk sementara melalui sosial media. Hanya kembali jika tingkat stresmu sudah lebih terkendali.

Foto: Grandyos Zafna/detikcom

Saat ambil jeda, kamu bisa melakukan hal lain seperti main game, meregangkan badan, atau bermain dengan peliharaanmu. Bisa juga dengan memikirkan hal lain yang tidak bersifat politik seperti akan masak apa atau rencana di akhir pekan.

Saat menonton debat yang intens, perasaan bingung dan mungkin saja amarah akan muncul. Ketika ini terjadi, baiknya keluar dan bicara dengan sahabat atau keluarga.

Tapi ingat ya, jangan bahas topik tentang politik atau debat lagi. Kalau seseorang mengajak untuk membicarakannya, ada baiknya untuk tidak menanggapi atau sekedar bilang tidak tertarik sementara waktu.

Setelah menonton debat, kamu bisa melakukan hal lain untuk meredam stres. Bisa dengan mandi air hangat, berjalan-jalan di sekitar kompleks, menonton film komedi, atau hal lain yang kiranya bisa membuat dirimu menjadi lebih tenang sebelum bersiap diri melakukan hal lain.

Tentunya, menonton debat calon presiden merupakan hal yang baik untuk mendapat informasi tentang politik dan situasi negara. Tapi, lebih penting lagi untuk menjaga kesehatan mental selama musim pemilihan yang sangat penuh dengan ketegangan.



Sumber: detik              .