Ketua DPR Serukan Sepeda Motor Boleh Masuk Tol

oleh

Jakarta – Tidak seperti di luar negeri, para pengguna sepeda motor di DKI Jakarta tidak diizinkan untuk masuk ke dalam ruas tol. Alasannya, karakter jalan yang banyak jalur lurus dianggap berbahaya untuk pengendara memacu motor dalam kecepatan tinggi.

Namun, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo punya pendapat lain. Menurutnya, pengendara motor memiliki hak yang sama dengan para pengemudi mobil. Sehingga, seharusnya pemerintah mengizinkan kendaraan bermotor roda dua masuk ke jalur bebas hambatan.

Hal itu ia ungkapkan, saat menghadiri acara Pesta Rakyat Bikers Jakarta yang digagas Motor Besar Indonesia di Gedung DPR, Minggu 27 Januari 2019.

“Saya minta pemerintah memikirkan. Bali saja di tol sudah ada jalur khusus motor. Suramadu jalan tolnya sudah ada khusus motor. Saya meminta dan mengimbau dari gedung DPR ini, pemerintah harus mewujudkan jalan khusus bagi roda dua di jalan-jalan tol. Ini penting untuk persamaan hak warga negara,” ujarnya.

Soal jenisnya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina MBI itu menuturkan, tidak perlu ada batasan motor jenis apa dan kapasitas mesin berapa yang boleh masuk jalur tol.

“Buat semua jenis. Bukan gratis, mereka tetap harus bayar. Dan itu enggak apa-apa,” tuturnya. 



Sumber: viva              .