Tiga Alasan Jusuf Kalla Yakin Jokowi Akan Ungguli Prabowo

oleh

Jakarta – Politikus Partai Golongan Karya yang juga Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) berkeyakinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengungguli Prabowo dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Keyakinan itu didasarkan atas hasil sigi sejumlah lembaga survei, pemberitaan di sejumlah media, dan penampilan Jokowi dalam empat kali debat.

“Yakin Jokowi akan unggul,” kata JK.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa keyakinan itu baru sebatas perkiraan. Sebab hasil pemenang Pilpres akan tetap ditentukan saat pencoblosan pada 17 April pekan depan.

Terkait posisinya di Tim Pengarah Kampanye Jokowi-KH Ma’ruf Amin, JK mengaku sudah ikut mengkampanyekan pasangan nomor urut 01 tersebut saat di Makassar. Begitu pun Jenggala Center yang dibentuknya ikut beberapa kali mengkampanyekan pasangan tersebut. 

Kalau pun kemudian dirinya tak pernah hadir dalam acara debat, selain karena merasa lebih nyaman menyaksikan melalui televisi, sikapnya itu juga untuk lebih menjaga netralitas. Atas dasar semua itu dia menegaskan keberpihakan dan dukungannya kepada Jokowi tak perlu diragukan.

Terkait sikap politik keponakan yang juga Ketua DPP Golkar, Erwin Aksa yang mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, JK menyatakan hal itu sebagai hal yang harus dihormati. “Jangankan keponakan, suami-istri saja bisa beda pilihan,” kata dia.

Satu yang dipesankan JK, pesta politik ini usianya lima tahunan. Sementara persahabatan seumur hidup. Tak semestinya perbedaan pilihan politik merusak hubungan persahabatan.

Kepada Tim Blak blakan JK juga menanggapi sejumlah kritikan Erwin Aksa terhadap pemerintah. Juga soal sejumlah proyek infastruktur yang dinilai kurang cermat dalam studi kelayakannya. Seperti Bandara Kertajati di Jawa Barat dan LRT di Palembang serta di Jakarta.

Apa juga kata JK soal suara Golkar yang sejak reformasi belum pernah memenangkan Pilpres? Saksikan Blak blakan Wapres JK, ‘Optimisme untuk Jokowi”, Jumat 12 April 2019.

Sumber: detik       .