Jokowi Ingin Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Kamu Pilih di Mana?

oleh

Jakarta – Jika ibu kota Indonesia pindah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih opsi di luar Pulau Jawa. Menurutmu, di mana sebaiknya ibu kota yang baru?

Rencana pemindahan ibu kota muncul lagi setelah Presiden Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri untuk rapat terbatas membahas rencana pemindahan ibu kota negara pada Senin (29/4/2019). Ada 3 alternatif yang awalnya dipaparkan Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro. 

Pertama, harus mengubah peruntukan di wilayah sekitaran Istana Kepresidenan Jakarta dan Monas. Alternatif kedua yakni memindahkan pusat pemerintahan di wilayah yang dekat dengan Jakarta. Sementara itu, alternatif ketiga yakni memindahkan ibu kota di luar pulau Jawa. 

Jokowi pun mengatakan dirinya lebih tertarik alternatif yang memindahkan ibu kota di luar pulau Jawa. “Kalau masih berpikir tiga alternatif tadi, kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak,” kata Jokowi.

Palangkaraya di Kalimantan Tengah pernah disebut-sebut sebagai lokasi ibu kota baru. Saat rapat, Wapres Jusuf Kalla sempat pula mengusulkan Mamuju, Sulawesi Barat. 

Bagaimana dengan Anda? Lebih memilih ibu kota dipindah ke Kalimantan atau Sulawesi apabila rencana ini direalisasikan?

Tentukan pilihanmu di kolom komentar. Berikan juga alasan dan pendapatmu.

Sumber: detik     .