Sudin Jaktim Cek Penyebab Air Kali di Duren Sawit Berwarna Biru

oleh

Jakarta – Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Jakarta Timur mengatakan pihaknya bakal mengecek lokasi Kali Sunter Cipinang Muara 1 di Duren Sawit, Jakarta Timur yang airnya mendadak berubah jadi biru. Petugas dari Sudin LH Jaktim bakal menelusuri sumber warna biru air itu.

“Pagi ini staf sudin akan cek ke lapangan dan menelusuri sumber warnanya,” kata Kasudin LH Jakarta Timur, Budi Mulyanto, Jumat (3/5/2019).

Air di kali itu sendiri berubah biru sejak Kamis (2/5) siang. Budi mengatakan bakal berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pengambilan sampel air. 

“Akan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pengambilan sampel air,” ujarnya.

Pantauan detikcom di Jl Al-Ikhlas, Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (2/5) sore, air di kali tampak berwarna biru. Dasar kali tak terlihat lagi. Ada sebuah alat berat di kali yang pinggirnya dipenuhi sampah itu. 

Salah satu warga bernama Muhammad Indra Hermawan (24) mengatakan warna biru di kali itu sudah pudar dibanding kondisi pukul 12.00 WIB. Dia sempat merekam dan memotret kondisi abnormal tersebut.

“Jam 12.00 WIB saya lihat kok kalinya biru dan tadi yang lihat bukan cuma saya. Warga banyak pada lihat. Saya bilang ini apa ada yang buang cat, tapi ini kayanya nggak mungkin cat, itu banyak,” kata Indra di lokasi. 

Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Yusuf Priyandi yang berada di lokasi juga melihat perubahan warna kali ini. Yusuf sehari-hari bertugas sebagai petugas keamanan alat berat.

“Baru kali ini lihat. Baunya sih nggak ada, tapi warna birunya terang. Kaya biru pewarna pakaian. Nggak kaya biru air biasa,” ucap Yusuf.

Sumber: detik     .