Inalum Ungkap Alasan Dividen Freeport 2 Tahun Belum Akan Masuk Kas Negara

oleh

Jakarta – Direktur Utama PT Inalum (Persero), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan dalam dua tahun ke depan pemerintah tidak akan menerima dividen PT Freeport Indonesia. Hal ini lantaran anggarannya akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur tambang bawah tanah.

“Dua tahun ke depan ini merupakan masa transisi dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah. Memang, tidak ada dividen yang diterima oleh negara karena uangnya digunakan untuk investasi tambang bawah tanah,” katanya seperti dikutip dari Antara di sela mendampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau lokasi tambang Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, kemarin.

Budi menjelaskan salah satu infrastruktur yang akan dibangun yaitu jalan tambang bawah tanah sepanjang 1.000 kilometer (Km) guna mempermudah mobilisasi bijih tembaga, emas, dan perak ke lokasi pabrik pengolahan di Mile 74.

“Jalan tambang bawah tanah Freeport yang sudah ada sekarang sekitar 300 kilometer. Nanti akan diperpanjang sampai 700 kilometer hingga 1.000 kilometer, makanya membutuhkan uang banyak,” jelasnya.

Sumber: merdeka     .