Cara Mudah Bikin Kabin Mobil Sehat, Tanpa Perlu Buka Kaca

oleh

Semua pemilik pasti menginginkan kabin mobilnya selalu sehat dan segar. Banyak yang menganggap, dengan membatasi akses udara luar masuk ke dalam kabin, maka semua kuman dan sumber penyakit tidak akan hinggap di interior.

Anggapan itu ditepis oleh Department Manager After Market Division PT Denso Sales Indonesia, Reinard Winardi. Menurutnya, membuka kaca jendela justru bisa mencegah penumpang terserang penyakit.

“Mulai dari orang yg batuk, debu karena orang masuk kakinya becek, hingga virus dan bakteri masuk ke sela-sela kursi,” ujarnya saat ditemui di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, Sabtu 11 Agustus 2018.

Namun, ia memberikan tips bagaimana cara agar kabin mobil tetap sehat, meski penumpang jarang membuka kaca jendela. Ada dua komponen yang bisa mewujudkan hal itu.

Pita dan bintik hitam pada kaca mobil.Yang pertama adalah saringan udara penyejuk udara atau air conditioner (AC). Pastikan saringan tersebut selalu diganti sesuai jadwal pemeliharaan kendaraan.

Sebab, semua sumber penyakit itu akan terbawa ke dalam AC dan diembuskan kembali ke penumpang. “Sebelum kita hirup, udara yang kotor, debu dan serbuk sebelumnya disaring dulu oleh alat ini,” tuturnya.

Komponen kedua adalah memasang penyaring dan pemurni udara, atau yang biasa dikenal dengan nama air purifier. Seperti yang dimiliki oleh Denso, yakni Denso Air Purifier.

“Alat ini menjaga, sehingga terhindar dari kuman, virus atau bakteri. Plus menghilangkan kelembaban, sehingga AC mobil benar-benar mendapat udara segar,” jelasnya.

Aron

Sumber: viva          .