Tips Supaya Tidurmu Berkualitas

oleh

Gangguan tidur jangan dianggap enteng. Sebab problem ini bisa membuat sistem metabolisme tubuh mengalami masalah, menjadi tidak seimbang. Kualitas tidur seseorang akan menentukan sehat atau tidaknya sistem metabolisme tubuh. Tidur bukan cuma mengistirahatkan badan saja, tapi tidur penting menyegarkan sistem metabolisme tubuh.

Gangguan tidur yang terjadi dalam jangka panjang, berbulan-bulan atau bertahun-tahun bisa berisiko munculnya penyakit turunan, mulai dari hipertensi, stroke, gagal jantung dan lainnya.

Untuk itu, supaya tidak mengalami gangguan tidur, Dokter spesialis kardiovaskular dan neurologi di Cellcure Center Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Indonesia, Prof. Dr. Taruna Ikrar, Rabu 14 November 2018 menyarankan, beberapa hal supaya kualitas tidur kamu tercapai. Berikut tipsnya:

Usahakan tidur saat ngantuk

Dr. Ikrar mengatakan, idealnya seseorang tidur saat sudah merasa mengantuk. Jika memang sudah merasa kantuk tak tertahankan, maka segeralah pergi ke tempat tidur.

Tidur jangan bawa masalah

Nah ini penting. Memang kehidupan tak selalu mulus, kadang ada saja masalah muncul setiap harinya. Dr. Ikrar berpesan, supaya mendapatkan kualitas tidur yang deep sleep, usahakan selesaikan semua persoalan sebelum pergi tidur.

“Jangan dibawa ke tidur, maka itu tak akan selesai,” katanya.

Jangan ngopi dan ngeteh

Kadang langkah ini terlupakan atau malah terabaikan. Dr. Ikrar menyarankan, jangan minum kopi atau teh menjelang tidur, sebab minuman ini mengandung kafein yang membuat orang cenderung tak tidur.

“Kalau ngopi dan teh pada pagi silakan. Atau kalau tidak minum minuman itu 6 jam sebelum tidur. Sebab kopi dan teh itu bereaksi sekitar 6 jam setelahnya,” ujarnya.

Musik dan lampu 

Supaya kualitas tidur terjaga betul, sebaiknya kamu memperbaiki kondisi lingkungan tidur. Siapkan kondisi yang mendukung untuk tidur yang pulas dan nyenyak. Dengan cara apa? matikan lampu penerangan dan nyalakan musik yang mendukung pengantar tidur.

“Pakai musik yang menenangkan dan rileks, juga diperhatikan pencahayaan, terlalu terang bagaimana bisa tidurnya berjalan dengan baik,” tuturnya.

Aron

Sumber: viva                     .