Sidang Tahunan Dewan Mangaraja LABB

oleh -242 views

SINARNEWS – “Pra Horja Bolon LABB 2019” telah dilaksanakan bersamaan dengan Sidang Tahunan Dewan Mangaraja LABB bertajuk “Girgir Holong Masihaholongan Dohot Harentaon” yang digelar Kamis 05 Desember 2019, di Auditorium Universitas Mpu Tantular, Jln Cipinang Besar No 2, Jakarta Timur.
Horja Bolon sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.
Sidang Tahunan Dewan Mangaraja tahun 2019 yang merupakan forum tertinggi organisasi LABB ( Lokus Adat Budaya Batak )dalam rangka pengambilan dan penetapan keputusan , diselenggarakan bersamaan bertepatan dengan satu tahun berdirinya organisasi Lokus Adat Budaya Batak (LABB).
Kehadiran anggota Dewan Mangaraja yang merupakan kedaulatan tertinggi di LABB terdiri dari seluruh Marga dan Marga-Marga serta Organisasi Masyarakat yang telah ditetapkan dan diputuskan oleh Dewan Mangaraja serta tokoh masyarakat yang merupakan Anggota Luar Biasa yang ditetapkan oleh Dewan Mangaraja.
Acara yang dipanitiai Marsda TNI (Purn) JFP Sitompul (Ketua) dan Marsma TNI (Purn) Darlis Pangaribuan MSc (Sekretaris) dengan MC : Ir Nikolas Sinar Naibaho MBA( ketua bidang Adat dan seni Budaya DM LABB) ini berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan. Diawali dengan doa pembukaan yang dipanjatkan Pdt Dr Marihot H Siringoringo SH MH. Setelah itu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin F Jadisman Hutapea
Sidang Tahunan yang dirangkai dengan perayaan Ulang Tahun Pertama LABB ini dibuka secara resmi oleh Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Midian KH Sirait MTh. Pembukaan dengan suguhan budaya Batak itu ditandai dengan pemukulan gong.
Seperti diketahui LABB yang berdiri 05 Desember 2018 memiliki dua lembaga berupa lembaga legislatif dan lembaga eksekutif. Dewan Mangaraja (DM) sebagai lembaga tertinggi (legislatif) dengan Ketua Umum Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu dan 6 (enam) Wakil Ketua yakni Marsda TNI (Purn) JFP Sitompul, Ir Nikolas Sinar Naibaho MBA, Drs Martua Situngkir Ak, Dr Pontas Sinaga MSc, Prof Dr Laurence A Manullang, dan Drs Jackson M Turnip MH.
Sementara Dewan Pengurus Pusat (DPP) sebagai eksekutif dengan Ketua Umum Budi P Sinambela BBA dan 9 (sembilan) Wakil Ketua yakni F Jadisman Hutapea, Drs Hotland Hutajulu MBA, Ir Monang Sirumapea MM, Ir Robert Anthon Situmeang, Ir Resto Silitonga, Rajamuda Silitonga SH, St Abidin Simanjuntak, Ir Muktar Panjaitan, dan St Paul Tampubolon SE.
Pada acara tersebut juga dibagikan buku ruhut ruhut paradaton batak Toba kepada semua Punguan marga batak yang hadir , dimana awal tahun 2020 , akan diadakan sosialisasi . Diharapkan kedepan , teknis pelaksanaan adat batak di Jabodetabek , dapat lebih efisien waktu tampa mengurangi maknanya 👍🙏❤😁

Lowongan Kerja