Dampak Corona Terhadap Sektor Pariwisata

oleh -52 views

 

Jakarta – Akibat adanya travel warning dan menurunnya kunjungan wisatawan asing dari Cina , Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio memperkirakan kerugian di sektor pariwisata . Dari hitungannya, kerugian devisa dari akumulasi total kunjungan wisatawan mancanegara Cina mencapai US$ 4 miliar atau Rp 54,8 triliun (dalam kurs Rp 13.722 per dolar AS).
Ia juga memprediksi dampak ini akan meluas pada kunjungan wisatawan asing dari negara-negara lain yang turut ditemukan kasus infeksi Virus Corona. Oleh karena itu, Wishnutama akan merevisi target perolehan devisa dari sektor pariwisata pada 2020 menyusul meluasnya virus tersebut.
Kondisi ini disesuaikan dengan menurunnya tingkat kunjungan wisatawan asing alias wisman dari Cina setelah penerbangan dari dan menuju Negeri Tirai Bambu ditutup. “Ini sangat sulit. Meski wabah corona berlangsung tiga sampai empat bulan, dampaknya akan berkepanjangan tujuh hingga delapan bulan,” tutur Wisnhutama , 5 Februari 2020.
Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, porsi kontribusi kunjungan wisatawan mancanegara Cina tergolong paling tinggi setelah Malaysia. Kunjungan wisatawan mancanegara Cina ke Indonesia setiap tahun diperkirakan mencapai 2 juta dengan total belanja US$ 14 ribu per kunjungan atau sekitar Rp 192 juta.
Untuk menambal kerugian akibat anjloknya kunjungan wisatawan asing itu, Kementerian Pariwisata akan menggairahkan pergerakan turis domestik. Pihaknya bersama Kementerian Perhubungan dan sejumlah operator penerbangan memungkinkan menambah frekuensi perjalanan maskapai ke rute-rute favorit.

.

Kompas Lowongan Kerja