Sembuh dari HIV, Pria Inggris Jadi Manusia Kedua yang Selamat

oleh -126 views

Jakarta – Seorang pria di London diyakini menjadi manusia kedua di dunia yang dinyatakan ‘sembuh’ dari infeksi HIV (Human Imunodeficiency Virus). Hasil tes 30 bulan terakhir tidak lagi menunjukkan adanya virus di tubuh pria tersebut.

Semula hanya disebut ‘Pasien London’, pria 40 tahun tersebut belakangan mengungkap identitasnya sebagai Adam Castillejo. Ia pertama kali didiagnosis mengidap HIV pada 2003.

Web Presiden

Tahun lalu, ilmuwan melaporkan bahwa Castillejo mengalami ‘remisi jangka panjang’ setelah menjalani transplantasi sumsum tulang khusus. Saat itu, Castillejo telah dinyatakan bebas dari virus selama 18 bulan.

Kini, 12 bulan kemudian, dokter yang menanganinya makin yakin bahwa kasus ini menunjukkan ‘kesembuhan’.

“Kami mengusulkan bahwa hasil ini menunjukkan kasus kedua pasien sembuh dari HIV,” kata Ravindra Kumar Gupta, profesor mikrobiologi klinis dari University of Cambride.

Manusia pertama yang diyakini sembuh dari HIV adalah Timothy Brown, atau dikenal sebagai ‘Pasien Berlin’. Sama seperti Castillejo, Brown juga menjalani transplantasi sumsum tulang pada 2007 dan kini telah bebas HIV selama lebih dari 10 tahun.

Meski demikian, para ilmuwan menekankan bahwa transplantasi semacam itu tidak akan menjadi terapi standar bagi seluruh pasien HIV. Selain karena berisiko, baik Castillejo maupun Brown menjalaninya lebih untuk mengatasi kanker dibanding HIV.

.

Kompas Lowongan Kerja