Hoax Lansia di Larang Masuk Mall

oleh -486 views

Beredar pesan berantai tentang larangan usia di atas 50 tahun masuk ke pusat perbelanjaan dan sejumlah tempat keramaian lainnya. Pesan tersebut beredar di aplikasi pesan instan WhatsApp.

Kominfo

Web Presiden

Pembatasan untuk orang berusia 50 tahun ke atas di era new normal:
A. Dilarang masuk mal atau ke pasar
B. Dilarang makan di restoran atau kafe
C. Dilarang ke gym atau stadion
D. Menghindari keramaian dan kerumunan
E. Tetap menjaga jarak fisik 1 m
Sebagai gantinya pemerintah akan menyiapkan hiburan di bawah.”

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, pesan berantai tersebut adalah hoaks. Dalam artikel i-News berjudul “Tak Ada Batasan Usia, Semua Pengunjung Boleh Masuk Mal saat New Normal” pada 26 Mei 2020, dijelaskan bahwa tidak ada batasan usia untuk memasuki pusat perbelanjaan.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan, 64 mal di Jakarta akan kembali buka pada awal Juni 2020. Pengoperasian itu menjadi bagian dari strategi Normal Baru (New Normal) di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua APPBI DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, protokol kesehatan akan diterapkan di setiap mal. Dia menegaskan tak ada batasan usia untuk pengunjung mal.

Ellen menepis isu pengunjung di atas 45 tahun dilarang masuk mal. Menurut dia, isu tersebut berasal dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Asosiasi pengelola mal tidak pernah berencana melakukan pembatasan usia pengunjung ataupun tidak pernah berencana melakukan diskriminasi usia bagi pengunjung,” kata Ellen, Selasa (26/5/2020).

CEO Emporium Pluit Mall itu menambahkan, sejumlah protokol kesehatan Covid-19 akan diterapkan baik untuk pengunjung maupun karyawan mal. Pertama, pengukuran suhu tubuh di seluruh pintu masuk. Kedua, karyawan mal dan pengunjung wajib memakai masker.

“Semua karyawan mal dan tenant memakai bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan karakteristik jenis industrinya,” ucapnya.

Selain itu akan ada pengaturan jarak tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing jika ada antrean baik di lift, eskalator, dan di area lain. Posisi tempat duduk di area tempat makan juga diatur.

“Para tenant lainnya juga diminta mengatur tata cara agar ada social distancing sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankannya, misalnya untuk area kasir, detail pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing tenant,” katanya.

Selain itu, pengelola mal akan menyiapkan hand sanitizer di beberapa akses dan area umum. Mal, kata Ellen, juga akan disemprot disinfektan secara rutin untuk memastikan penyebaran Covid-19 tak terjadi.

Kesimpulan

Pesan berantai bahwa selama New Normal, orang berusia di atas 50 tahun dilarang masuk pusat perbelanjaan dan tempat ramai adalah hoaks. Seseorang berusia di atas 50 tahun masih diperbolehkan memasuki pusat perbelanjaan, asalkan mengikuti protokol kesehatan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Edit :margriet

 

Kompas Lowongan Kerja