Massa KSBSI Laksanakan Ibadah Salat, Polisi Buka Kawat Duri di Jalan Medan Merdeka Barat

oleh -52 views

Massa KSBSI Laksanakan Ibadah Salat, Polisi Buka Kawat Duri di Jalan Medan Merdeka Barat

Dipublikasikan tanggal 11 Okt 2020.

Web Presiden

JAKARTA – Massa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) melangsungkan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2020) siang.

Memasuki waktu ibadah zuhur pukul 12.15 WIB, massa meminta polisi membuka kawat duri yang membentang menutup Jalan Medan Merdeka Barat supaya mereka bisa beribadah pada bagian jalan.

Pihak kepolisian pun akhirnya mengabulkan permintaan para buruh, dan memundurkan barikade penjagaan sekitar 10 meter ke belakang.

Kawat berduri digulung untuk memberikan akses bagi massa melaksanakan ibadah.

“Tadi kami sudah berbicara dengan Pak Kapolres (Jakarta Pusat) untuk mengizinkan kita melaksanakan salat,” kata orator di atas mobil komando. “Silakan melaksanakan salat segera supaya kita bisa lanjutkan aksi kita menuju depan istana,” imbuhnya.

Tak berselang lama, para buruh melangsungkan ibadah dengan terlebih dulu mengambil wudu baik itu bertayamum, menggunakan air mineral hingga masuk ke Kementerian Pariwisata.

Mereka menggunakan banner atau spanduk yang dibawa sebagai alas beribadah.

Adapun aksi demonstrasi ini ditujukan karena pihak buruh dalam hal ini KSBSI merasa dibohongi atas isi dan pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja yang disahkan oleh DPR RI pada 5 Oktober kemarin.

 

Edit: mt

Kompas Lowongan Kerja